Daftar 19 Air Terjun yang ada di Kendal

Ada yang tau berapa jumlah Air Terjun di Kendal? Jika kita hitung dengan jari mungkin gak akan cukup menghitung semuanya Banyak juga lokasi Air Terjun yang belum di-explore lebih jauh karena keterbatasan akses jalan dan lokasinya yang tidak memungkinkan. Banyak Air Terjun di Kendal yang tersebar di Kecamatan-Kecamatan daerah atas seperti Limbangan, Patean, Sukorejo, Plantungan, Singorojo, dan beberapa kecamatan atas lainnya.

Curug Sewu

Curug Sewu Patean Kendal
Photo by @rifai153

Nama air terjun tersebut diambilkan dari nama desa tempat air terjun tersebut berada, yakni desa Curugsewu tepatnya di Kecamatan Patean, jaraknya 40 kilometer dari kota Kendal dengan terlebih dahulu melewati kota Weleri dan Sukorejo. dari temanggung dan wonosobo dapat melewati parakan - ngadirejo - Patean - Curug sewu.

Air terjun Curug sewu memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, dengan total ketinggian 70 meter yang terdiri dari 3 terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. terlihat sangat indah dan menawan untuk dipandang, terlebih pada saat tertentu, dari antara terjunan muncul pelangi paduan aneka ragam warna yang mempesona.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, sekitar lokasi Air Terjun Curugsewu telah dilengkapi dengan taman rekreasi beserta fasilitas pelengkap seperti panggung taman bermain anak, Kebun binatang mini dan Kolam Renang serta berbagai fasilitas lainnya. Masih mengenai keistimewaan dan keunikkannya, ternyata AirTerjun Curugsewu merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Rute Curug Sewu

Berjarak sekitar 40 km ke selatan dari kota Kendal dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum. Untuk kendaraan pribadi menuju objek wisata ini dari kota Kendal dapat ditempuh dari dua jalan utama. Bila dari arah barat menggunakan jalur Weleri -Sukorejo yang terlebih dahulu mellaui kota Cepiring. Sedangkan dari arah timur menggunakan jalur Boja-Patean. Kondisi jalan kedua jalur ini sudah beraspal mulus akan tetapi berkelok-kelok naik turun medannya.

Selain kedua jalur di atas Curug sewu juga bisa ditempuh dari Temanggung dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam berkendara atau Kebumen melewati Parakan kemudian langsung ke lokasi. Bagi yang menggunakan kendaraan, dari kota Semarang naik bis jurusan Sukorejo, melewati Mijen, Boja dan selanjutnya dari Sukorejo naik angkot atau ojek ke Curug Sewu sekitar 7 km perjalanan.

Curug Jurang

Curug Jurang Singorojo Kendal
Photo by @iqbal.e_04

Kecamatan Singorojo adalah Kecamatan yang berada di Kabupaten Kendal bagian selatan & berbatasan langsung dengan Kabupaten Temanggung. Di Kecamatan Singorojo ini banyak sekali destinasi wisata alam yang sangat indah. Diantaranya Curug Jurang ini.

Curug jurang ini ketinggiannya sekitar 25 meter. Dan kenapa dinamakan Curug Jurang mungkin karena selain tempatnya dipecahan jurang, untuk menuju ke bawah guyuran air terjun inipun kita harus melewati tebing-tebing yang curam dan harus extra hati-hati. Curug indah yang satu ini berada didesa Getas,masuk dalam wilayah kecamatan singorojo.

Perjalanan menuju ke desa Getas sungguh mengasyikan selain rimbun dan lebatnya perkebunan karet, ternyata burung-burung pun ikut berkicau serasa menyambut kedatangan para penikmat alam. Di tambah lagi dengan keramah tamahan penduduk sekitar, hal inilah yg bisa mengusir rasa sepi dan jenuh kita.

Setelah menitipkan kendaraan di desa Getas, kita bisa langsung berjalan kaki melewati perkebunan karet, terkadang kita juga berpapasan dengan pera pekerja dari perkebunan karet tersebut,karena memang curug yg satu ini berada di kawasan perebunan karet terbesar di kabupaten Kendal

Curug Corong

Curug Corong Limbangan Kendal
Photo by @kurniawanjalanjalan

Curug yang berada satu lokasi dengan curug Panglebur gongso ini mempunyai keunikan bukan hanya dari segi nama namun juga dari bentuk curug itu sendiri. Bentuk pemikiran air curug melebar pada dinding tebing watu berwarna hitam membentuk dua tingkat. Aliran air yang berasal dari tebing terdiri atas dua pemikiran air yang cukup deras. Kondisi tebing tempat mengalirnya teladas terjun tidak merata, sehingga sebagian pemikiran air meluas membentuk ibarat benang. Air yang jatuh tidak tertampug ibarat halnya curug yang lain, air yang jatuh pribadi mengalir ke bawah.

Curug corong terletak di dususn Beku, kecamatan Limbangan, Kendal. Kondisi jalan yang dilalui untuk menuju tempat wisata tersebut berkelok- kelok dan naik turun. Untuk hingga di curug Corong pengunjung perlu menitipkan kendaraan di desa terakhir. Jalan terdekat yang harus dilewati sempit lebarnya hanya 70 cm walau dengan keadaan dicor. Bagi warga desa sekitar curug Corong yang sudah terbiasa melewati jalan tersebut dengan mengenderai motor. Jalan sempit tersebut berada pada kemiringan 45 derajat dengan kondisi yang menanjak dan dirasa sangat membahayakan kalau mengendarai motor bagi yang belum terbiasa melewatinya.

Curug Corong Kendal
Photo by @musafir.senjaa

Rute Curug Corong

Untuk akses menuju curug ini jika kita berangkat dari Tembalang semarang bisa ambil arah bandungan lalu kita melanjutkan ke arah sumuwono setelah itu kita akan melewati terminal Sumuwono setelah melewati terminal teman-teman silahkan lurus terus saja sampai memasuki kec limbangan setelah sampak limbangan teman-teman bisa bertanya kepada warga sekitar desa beku, dari dari desa beku perjalanan ke Curug Corong in sudah dekat. Kita akan melawati tanjakan yang cukup terjal di desa beku ini, setelah melewati tanjakan yang cukup terjal, kita pun harus melewati jalan beton yang hanya selebar 30-40 cm dari jalan beton ini ke curug sudah dekat.

Curug Panglebur Gongso

Curug Panglebur Gongso
Photo by @waffa_yuanda

Curug Panglebur Gongso atau juga disebut oleh warga sekitar sebagai Curug Gonso, berada di kaki bukit Gunung Ungaran.  Curug ini memiliki ketinggian sekitar 7 m saja dan di bawahnya terdapat kolam yang dapat digunakan untuk mandi atau berenang. Tak jauh dari curug ini terdapat Air Terjun 7 Bidadari berada.

Terletak sekitar 10 km ke arah utara dari obyek wisata Candi Gedung Songo. Untuk menuju lokasi curug ini cukup mudah dan dapat di dicapai dengan kendaraan pribadi atau umum dengan kondisi jalan yang sudah beraspal mulus berkelok-kelok.  Akses jalan menuju ke curug ini  bisa ditempuh melalui Boja – Limbangan, atau dari arah Sumowono turun menuju Limbangan. Hanya saja memang untuk angkutan umum di saerah tersebut agaknya jarang.

Bila dari terminal Sumowono naik angkot menuju Limbangan dengan tarif Rp 3000 sekali jalan.  Turun di desa Gondang.  Altrnatif lain bisa menyewa ojek atau menumpang kendaraan bak terbuka yang banyak mangkal di terminal tersebut. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjlan kaki dari area parkir menuju area curug dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Curug Citro Arum

Curug Citro Arum Kendal
Photo by @aufa.almaqoshid

Menawarkan sebuah pemandangan yang sangat indah, Curug Citro Arum kini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Kabupaten Kendal. Curug yang terletak di Kecamatan Limbangan itu masih sangat sepi pendatang dan masih sangat asri karena baru dibuka di akhir tahun 2015 lalu

Curug Citro Arum mempunyai ciri khas ketinggian yang membuat mata terpana. Saking tingginya, air yang jatuh pun menjadi sangat indah untuk dilihat Curug Citro Arum berada sekitar 40 km dari pusat kota Kendal. Perjalannya bisa ditempuh menggunakan sepeda motor dan dilanjutkan jalan setapak melewati rumah warga

Curug Tundo Tigo

Curug Tundo Tigo Kendal
Photo by @yumnakbt

Curug ini meskipun kecil tapi mempunyai keindahan tersendiri. Berada pada jarak yang cukup dekat dengan Curug Citro Arum, Curug Tundo Tigo berbentuk lebih kecil atau bisa dikatakan versi mini dari Citro Arum. Tundo Tigo konon merupakan satu dari tiga aliran air terjun yang juga mengairi Curug Citro Arum

Curug Tundo Tigo
Photo by @eksapedia

Beberapa warga sekitar mengatakan sering muncul penampakan ular di Curug tersebut ketika kita sedang berfoto. Makanya ada beberapa anak-anak yang tidak mau difoto karena takut ada penampakan ular dibelakangnya Selain masih asri, Curug ini juga mempunyai makna sejarah tersendiri bagi warga sekitar

Curug Palebur Gongso

Curug Palebur Kendal
Photo by @adsptnas

Curug panglebur gongso berada di lereng gunung Ungaran. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter. Airnya yang jernih dan segar membuat pengunjung jadi ingin langsung merasakan sensasi main air dikolam tepat jatuhnya air, but wait! Tidak disarankan bagi yang belum bisa berenang. Lokasi : Curug Panglebur Gongso, Desa Gondang, Limbangan. Kab. Kendal.

Untuk menuju kemari bukanlah hal yang sulit, ada beberapa rute yang bisa anda lewati. Yang paling mudah adalah jika dari candi gedong songo ambil arah menuju Utara ( Kendal ) kurang lebih 10 KM. Curug ini berada dibawah grojogan Klenting Kuning, dari situ kebawah lagi maka nanti akan ada spanduk di pinggir jalan ( kiri jalan ). Jika anda dari Kendal, ambil arah ke Sumowono dengan melewati jl.Sumowono - Limbangan nanti akan ada spanduk di kanan jalan. Untuk menuju kesini bisa menggunakan mobil dan sepeda motor. Jarak antara lokasi parkir dengan lokasi curug sekitar 300 meter dengan jalan kaki atau sekitar 15 menitlah.

Curug Terong

Curug Terong Genting Gunung Kendal
Photo by @faruqsyahviar

Curug Terong adalah sebuah objek wisata air terjun yang mengandalkan panorama alam pegunungan yang dipadu dengan ”hiasan” dua air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Dua air terjun yang mengalirkan air sangat jernih itu bagian dasarnya menyatu bak dua ekor kupu-kupu yang sedang bertarung. Sekitar air terjun adalah hutan heterogen yang sebagian besar didominasi pohon pinus.

Air Terjun Curug Terong terletak di Desa Genting Gunung, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah. Curug Terong mempunyai ketinggian terjunan air kurang lebih 45 m berada di kaki Gunung Perahu. Curug ini belum tidak sedikit didapati orang. Aspek ini sebab lokasinya susah terjangkau. Keunikan Curug Terong ini terdiri dari dua terjunan air yg dipisahkan oleh dinding yg menjorok ke luar. Jarak ke-2 air terjun ini kurang lebih 10 m satu sama lain.

Untuk mencapai lokasi ini tidaklah susah, dapat ditempuh kendaraan pribadi atau umum hingga tiba di Desa Genting Gunung. Di desa inilah perjalanan terakhir dengan menggunakan kendaraan bermotor dan menitipkannya di rumah warga setempat. Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Terminal Sukorejo naik angkutan dengan kode No. 45 yang menuju ke Desa Genting Gunung. Kondisi jalan menuju desa ini sudah beraspal mulus akan tetapi berkelok-kelok. Selanjutnya dari desa ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 2 jam melewati jalan setapak menyusuri sungai, naik turun tebing dan melewati hutan

Curug Glawe Kendal

Curug Glawe Kendal
Photo by @waffa_yuanda

Curug Glawe di Desa Cening merupakan salah satu Curug terbesar di Kabupaten Kendal saat ini. Lokasinya yang sangat jauh di selatan Kendal membuat akses ke Curug Glawe sedikit memiliki kendala. Tapi itu semua bukan halangan untuk para pemburu keindahan alam Sang Pencipta

Curug Glawe sendiri mempunyai ukuran yang sangat besar dan terbentang luas. Bahkan disamping Curug Glawe juga terdapat Curug lain yang masih satu aliran dengan Curug tersebut. Sebelumnya Curug Glawe sempat tidak dikenal banyak orang, tapi kini Curug di Desa Cening itu menjadi buruan para traveller atau wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia

Curug Manten Kendal

Curug Manten Kendal
Photo by @siskamrlyd

Lokasi. Curug Manten,area goa kiskendo, trayu,kec. Singorojo,kab. Kendal

Curug Lawe

Curug Lawe Secepit Kendal
Photo by @sodiyc

Nama air terjun keren ini sering bikin bingung para pecinta alam yang mau kesini, Karena namanya yang sama persis dengan salah satu Air Terjun di Semarang, banyak yang gak percaya kalo Air Terjun ini bernama Curug Lawe ini ada di Medini Secepit medini Limbangan Kendal. Berada di dekat Perkebunan Teh, Curug Lawe menawarkan nuansa Air Terjun alami yang bener-bener seger dan recommended buat di explore lebih jauh.

Curug Lawe merupakan sebuah air terjun yang indah dan tinggi. Air terjun yang satu ini berada di sekitar kawasan Kebun Teh Medini serta Gua Jepang Promasan. Curug Lawe yang ada ber alamat lengkap Dusun Gunungsari Desa Ngesrepbalong Limbangan Kendal ini hanya bisa Anda akses dengan cara berjalan kaki saja. Tentu saja ketika Anda juga berkunjung ke Kebun Teh Medini (sambil menyelam minum air J). Untuk sampai ke curug cantik ini dari kawasan kebun teh Anda akan butuh waktu sekitar 15-20 menit dengan berjalan kaki.

Dari tahun ke tahun Curug Lawe sudah banyak di lakukan pengembangan dari masyarakat sekitar juga dari Dinas Pariwisata Kendal sendiri. Yang masih penasaran dengan keberadaan Curug Lawe, langsung cek ke TKP. Jangan lupa jaga kebersihan, sampah yang dibawa adalah tanggung jawab kita. Sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga alam dan lingkungan sekitar untuk tetap asri.

Curug Sujan

Curug Sujan
Photo by @niriz_

Curug Sujan masih sangat natural, berada di sekitar daerah pertanian masyarakat. Terletak di Desa Getasblawong, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah. Lokasinya agak susah untuk dijangkau, sebaiknya menggunakan penduduk setempat untuk petunjuk jalan.

Curug Jonggrang

Curug Jonggrang
Photo by @fajar.k11

Lokasi : Curug Jonggrang, Dsn. Dluwak, Plantungan, Kendal, Jawa Tengah

Curug Lie Seng

Curug Lie Seng
Photo by @aksara_2

Curug lie seng berada di desa Cacaban kecamatan Singorojo. Sampai saat ini keberadaanya masih terdengar asing dan belum melejit namanya.

Untuk menuju kesini pengunjung bisa menggunakan rute Boja - Sukorejo dengan melewati pasar umum Boja. Setelah melewati daerah kebun karet silahkan untuk mengurangi laju kendaraan anda dan mulai jelu memperhatikan setiap papan penunjuk arah di kanan jalan. Kalau sudah ketemu silahkan ikuti petunjuknya.

Disini juga belum dilengkapi dengan lokasi parkir maka dari itu pengunjung harus menitipkan kendaraan dirumah penduduk. Jarak antara pemukiman dengan curug lie seng cukup dekat. Hanya sekitar 15 menit saja dengan melewati daerah perkebunan warga.

Yang unik dari curug lie seng ini adalah pengunjung bisa melihat pemandangan dari atas air terjun maupun dari bawah. Namun perlu berhati-hati karena tidak ada pengaman dan pagar pembatas. Ini dikarenakan obyek wisata curug lie seng belum dikelola dengan maksimal.

Curug Lanang

Curug Lanang
Photo by @pageruyung

Curug Lanang, terletak di Desa Pageruyung, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal. Kecamatan Pageruyung di dominasi oleh tanaman hijau sehingga mempunyai potensi wisata alam, salah satunya Curug Lanang, dengan tebing yang tinggi. Curug yang berlokasi di Desa Pageruyung, Kec. Pageruyung, Kab. Kendal dan berbatasan langsung dengan desa Surokonto Wetan.

Curug Kali Kadang

Photo by @robyarilap

Curug ini memang tidak di buka untuk umum, bahkan untuk aksesnya pun masih sulit, Harus rajin tanya warga. Lokasi Curug Kali Kadang Desa. Delesari ,kec. Limbangan,kab. Kendal

Curug Yang berbatasan dengan Kabupaten Batang

Curug Ceglong merupakan Air Terjun yang berbatasan langsung Kabupaten Batang dan Kendal. Curug Semawur juga di milikioleh dua Kota Batang dan Kendal. berada di ketinggian 1.300 mdpl. Meskipun sudah ada plang penunjuk arah di beberapa titik namun masih saja jarang diketahui. Medannya agak sulit menyusuri kali dan melewati perbukitan, namun keindahan air terjunnya akan membayar kelelahanmu dengan tuntas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel